SMA NEGERI 1 KARANGREJO

A. Lokasi

Memasuki lokasi SMAKARA, Anda akan menemukan sekolah SMA yang berbeda dari sekolah SMA kebanyakan. SMAKARA terkenal dengan Villa Wiyata-nya. Struktur tanahnya yang berundak – undak, membuat SMAKARA menjadi salah satu sekolah favorit di Tulungagung.
Pintu gerbang bertuliskan Villa Wiyata SMAKARA akan menyambut Anda ditambah dengan Pak Satpam yang juga ramah, Anda akan merasa kerasan untuk melihat – lihat lebih jauh tentang SMAKARA. Dari pintu gerbang, dari sebelah kiri Anda, Anda akan menemukan masjid Anwarul Ngilmi yang baru saja dibangun pada tahun 2003. Dibalik megahnya masjid SMAKARA, ada sebuah kisah menarik tentang proses pembuatan kaligrafi berlafal Asmaul Husna yang dibuat pada dinding atas mimbar dan juga di kedua sisinya. Menurut cerita, dalam proses pembuatanya hanya memerlukan waktu kurang lebih empat jam. Padahal jika dipikir secara logis, kaligrafi sebanyak itu hanya bisa diselesaikan dalam beberapa hari. Apalagi yang mengerjakan hanya satu orang. Sungguh besar kuasa Allah yang memberikan hidahnya pada masjid Anwarul Ngilmi.
Jika Anda kembali lagi ke pintu gerbang, di sisi kanan Anda terdapat lapangan kosong yang luas, ruang musik untuk berlatih band dan juga lapangan tenis. Lapangan tenis yang diresmikan oleh Dinas Pendididkan pada tahun 1992, merupakan bukti dari kepedulian pihak pemerintah dalam memajukan pendiddikan di Indonesia. Dengan adanya lapangan tenis, para siswa Villa Wiyata dapat menumbuhkembangkan kreativitas mereka dibidang olahraga. Selain para warga Villa Wiyata yang mempergunakan lapangan tenis dari pihak luarpun diperbolehkan memakainya sesuai jadwal yang telah dicantumkan. Karena lapanagan tennis Villa Wiyata adalah milik semua orang.
Setelah mengunjungi lapangan tenis yang asri karena dikelilingi oleh pohon Soko yang rindang, Anda akan melihat ruang kelas untuk murid XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPA 3 dan XII IPS 1. Kelas yang luas dengan fasilitas yang memadai, membuat seluruh siswa dapat belajar dengan tenang dan dapat berkonsentrasi penuh. Di kelas XII IPA 1 itulah, Anggraeni Puspita Sari menimba ilmu bersama teman- temanya. Prestasinya sebagai model yang mulai melejit, tidak menyurutkan semangatnya untuk terus belajar dan belajar demi masa depan ynag lebih baik lagi.
Jika diteruskan, Anda akan menemukan jalan yang bercabang dua, satu menuju ke tangga atas, dan yang satu lagi menuju ke bawah. Yang dimaksud dengan tangga atas dan tagga bawah di sini adalah bukan berarti Villa Wiyata merupakan gedung sekolah bertingkat seperti kebanyakan sekolah SMA biasanya. Villa Wiyata memang bertingkat, tapi yang bertingkat bukanlah gedungnya, tapi struktur tanahnya. Jika dipandang sekilas, bentuk tanahnya menyerupai tiga lantai besar yang terbuat dari tanah tanpa atap.
Tangga yang menuju ke atas, menuju ke Koperasi Sekolah (KOPSIS), gedung guru dan kepala sekolah, TU, perpustakan, Laboratorium komputer, kelas X I, tempat parkir siswa, dan Anda akan menemukan kembali Masjid Anwarul ngilmi. Dari depan ruang guru, Anda dapat melihat luasnya Villa Wiyata. Di depan Anda, terdapat tanah yang berundak menjadikanya terlihat seperti berlantai tiga. Di lantai dua terdapat lapangan basket dan di lantai tiga terdapat sederet gedung untuk murid kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1 dan XI IPS 2.
Lantai dua dihubungkan oleh tangga di kedua sisinya yang juga menuju ke kelas X2, X 3 dan X 4 di sebelah kiriny, turun satu lanatai lagi, di sebelah kiri, terdapat kelas X5, X6 lalu di belakang gedung tersebut terdapat sebuah kantin dan juga kamar kecil untuk murid.
Jika Anda megikuti alur gedung kelas X1, Anda akan menemukan sebuah kantin lagi, dan apabila Anda terus berjalan, Anda akan bertemu kembali dengan lapangan tenis, yang telah disingung di awal perkenalan tadi.




B. Prestasi

Sejak berdirinya SMAKARA pada tahun 1997, semua kepala sekolah dari tahun ke tahun berusaha membawa SMAKARA ke tempat yang lebih baik dari sebelumnya. Dan dalam bebebrapa tahun terakhir ini, SMAKARA dikepalai oleh Bapak H. Subandi. Beliau beserta para guru yang lainya, berusaha membawa nama baik SMA NEGERI 1 KARANGREJO ke tingkat yang lebih baik lagi. Dari tahun ke tahun, SMAKARA terus berusaha untuk mendapatkan pretasi – prestasi yang baik di semua bidang. Baik bidang akademik maupun di bidang non-akademik. Di bidang kesenian contohnya, tahun lalu Tim Mading dari SMAKARA memenangkan juara 2 untuk lomba mading tingkat Kabupaten Tulungagung. Hal itu menandakan bahwa tim mading dari tahun ke tahun terus berusaha untuk mendapatkan juara dalam perlombaaan madding se kabupaten
Ada juga di bidang olah rag contohnya. Tahun 2008 merupakan tahun keberuntungan bagi tim Footsal SMAKARA, karena pada bulan Agustus memenangkan juara 1 pertandingan sepak bole tingkat SMA se kabupaten dan juga memdapatkan juara 2 dalam pertandingan bola voli putrid tingkat SMA se kabupaten. Di bidang atlentik, peserta dari SMA NEGERI 1 KARANGREJO berkali kali mendapatkan juara, untuk perlombaan yang baru saja diikuti, atletik dari SAMAKAR berhasil menggondol juara 3 dan juara 6 untuk lari putri dalam acaera Lomba Lari 10K. Sedangkan untuk yang tahun kemarin berhasil mendapatkan juara 3 untuk putri dan juara 2 untuk putra.

1 Komentar Yang Ada:

Faridya Wikantini Prasasti mengatakan...
11:00 AM, Februari 18, 2010

Hmmm...ternyata sekolah saya dulu semakin maju ya..
bangganya....
kemarin saat kami alumni 2002/2003 reuni di SMAKARA,saya melihat sudah banyak sekali perubahan...
Maju terus SMAKARA.....

Posting Komentar

:: Komentar Terbaru ::

:: Artikel Terbaru ::

:: Tab ::

Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3